Melindungi System Secara Keseluruhan

Selasa, 26 Juni 2012

1. Perancangan Situs yang Aman Berkaitan Dengan Kode-kode HTML

Dengan kenyataan bahwa bagian terbesar dari situs kita yang terdiri dari dokumen-dokumen HTML, bukan hal yang mengherankan jika banyak serangan para hacker dilakukan pada kode-kode HTML ini. Berkas-berkas HTML yang digunakan untuk menciptakan halaman-halaman Web dapat digunakan oleh para hecker dalam membobol system kita, karena berkas-berkas HTML pada umumnya mengandung informasi tentang system kita, misalnya layanan-layanan pada situs kita.

Cross-site scripting (XSS) adalah tipe dari kerentanan keamanan komputer yang ditemukan dalam aplikasi web. XSS memungkinan peretas menyuntikkan script ke dalam script yang sudah tersedia. ( salah satu nya adalah metode Injection

Bug untuk "Non-persistent XSS" adalah kerentanan yang memungkinkan situs berbahaya untuk menyerang pengguna saat mereka melakukan login akun.


Sedangkan "Persistent XSS" adalah kerentanan yang lebih kuat yang dapat menghancurkan
script karena data yang diberikan oleh penyerang telah disimpan ke dalam server.



2.   Informasi dalam Kode HTML


Kode-kode HTML biasanya memberikan banyak informasi tentang segala hal, misalnya server Web apa yang digunakan dalam suatu situs Web, alamat-alamat IP, struktur direktori,alamat surat elektronik, nama domain, dan sebagainya.

Contoh Kode Warna /Nama-nama warna HTML

Nomor VGA          Nama VGA     Heksadesimal       Nama HTML

0                             black            #000000         black

1                             dark blue     #000080          navy

2                             dark green   #008000          green

3                              cyan            #008080          teal

4                              dark red      #800000          maroon

5                              magenta      #800080         purple

6                              brown          #808000         olive

7                               light gray     #C0C0C0        silver

8                               dark gray     #808080        gray

9                               light blue     #0000FF        blue

10                           light green   #00FF00        lime

11                            light cyan     #00FFFF       aqua

12                            light red       #FF0000       red

13                    light magenta       #FF00FF     fuchsia

14                    yellow                   #FFFF00     yellow

15                     intensive white     #FFFFFF     white

                            

                             

Hyperlink internal dan eksternal juga dapat dipelajari oleh para hecker untuk mendapatkan informasi-informasi tentang wilayah-wilayah aplikasi dan dengan demikian bias mengidentifikasi wilayah-wilayah yang  bisa diserang. Pada kode HTML, hyperlink ditandai dengan tag <A HREF=link> … </A>.  hyperlink bisa menghubungkan halaman yang bersangkutan dengan sumber-sumber data pada situs web yang sama atau dengan sumber-sumber Web eksternal. Selain dalam kode dibagian tubuh HTML, hyperlink juga dapat ditemukan dalam tag <FORM>.  Tag <FORM ACTION= link> merupakan dokumen-dokumen yang dipanggil ketika para pengguna mengklik tombol SUBMIT . Dengan kata lain, cara termudah untuk mencari hyperlink adalah dengan melihat keberadaan tag-tag HREF atau FORM. Sangat sering juga halaman-halaman HTML berisi hyperlink ke alamat-alamat surat elektronik (e-mail) tertentu. Tag < A HREF=mailto:address@server> dipakai untuk menentukan suatu hyperlink ke alamat-alamat surat elektronik tertentu. Saat ini, surat-surat elektronik dengan jumlah yang sangat besar dapat digunakan untuk menyerang situs Web kita, sebab dengan mengirimkan surat elektronik dengan jumlah yang besar  secara serentak, otomatis akan menurunkan bandwith yang dimiliki situs Web kita, sehingga akibatnya system kita akan berjalan sangat lambat jika dilihat dari komputer-komputer pengunjung.

Field-field tersembunyi dapat kita lihat dalam kode HTML dengan tag <INPUT TYPE=HIDDEN NAME=name…> dan sering digunakan oleh para pengembang situs Web untuk melewatkan informasi maju dan mundur antarform dan program-program back-end yang memproses form.




0 komentar: